Tips Mengajarkan Anak Menghafalkan Abc

Diposting pada

 Proses belajar sangat dianjurkan agar dilakukan sejak anak usia dini. Hal yang paling dasar yang dapat dilakukan orang tua dalam mendidik buah hatinya adalah mengajarkan untuk menghafalkan/mengenalkan huruf alfabet. Huruf alfabet atau yang biasa dikenal juga sebagai Huruf abc merupakan huruf dasar yang harus diketahui sebagai bekal untuk proses belajar membaca nantinya.

Mengajarkan alfabet kepada si kecil baiknya dilakukan saat si kecil berusia kurang lebih 15 bulan ke atas agar si kecil sudah mulai siap untuk belajar. Beberapa tips yang dapat ayah/bunda lakukan untuk mengajarkan huruf abc kepada si kecil diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Bernyanyi ABC

Bernyanyi adalah salah satu metode yang ampuh untuk mengajarkan sesuatu kepada anak – anak. Anak – anak terumata diusia bawah 3 tahun sangat senang untuk menirukan nyanyian yang didengarnya maka dari itu ajarkanlah si kecil untuk bernyanyi alfabet. Banyak media yang dapat ayah/bunda manfaatkan untuk bernyanyi alfabet bersama si kecil misalnya dengan melihat video di youtube atau di televisi. 

Mulailah mengajarkan pelafalan huru A B C D E dan seterusnya secara berulang – ulang diiringi oleh lagu/musik yang disukai si kecil. Jika si kecil sering mendengar lagu yang dinyanyikan secara berulang – ulang secara efektip akan menanamkan huruf alfabet kedalam pengetahuan si kecil.

2. Ajarkan lewat gambar

Cara lain yang dapat ayah/bunda lakukan adalah dengan mengenalkan gambar alfabet kepada si kecil. Gambar disini sebagai contohnya implementasi nama – nama hewan yang diawali dengan huruf alfabet tersebut. Nama – nama sayuran/buah- buahan yang diawali oleh huruf alfabet, atau yang lainnya. Pilihlah media buku yang menarik dengan banyak warna agar lebih mudah disukai dan dimengerti oleh si kecil. 

3. Belajar menggambar alfabet

Setelah melihat gambar alfabet langkah selanjutnya yang dapat ayah/bunda coba adalah dengan mencontohkan si kecil untuk menggambar huruf alfabet. Gunakanlah media dengan alas yang berwarna putih dengan pena yang berwarna – warni. Meski mungkin si kecil tidak seluruhnya meniru menggambar alfabet namun tepat biarkanlah dan tuntun dengan perlahan. 

Setelah proses menggambar selesai jangan buang hasil gambar alfabet buatan si kecil. Tempelah hasil gambar tersebut di ruangan yang mudah terlihat oleh si kecil agar si kecil semakin tahu mengenai huruf – huruf alfabet. Namun jika ada huruf yang salah/keliru jangan lupa untuk diperbaiki terlebih dahulu agar si kecil dapat mengetahui penulisan huruf abc yang tepat. 

4. Membuat rangkaian nama

Cara terakhir yang dapat ayah/bunda lakukan adalah membuat rangkaian nama dari huruf alfabet. Untuk melakukan cara ini ayah/bunda harus mempersiapkan terlebih dahulu media alfabet yang dapat dirangkaikan sebagai contohnya kertas yang sudah digunting sesuai bentuk huruf alfabet kemudian buatlah rangkaian nama si kecil dari huruf – huruf alfabet tersebut.