Manfaat Gadget Bagi Siswa

Diposting pada

Perkembangan teknologi menuntut perubahan dalam berbagai hal termasuk dalam dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas namun juga dapat dilakukan di luar kelas dengan metode pembelajaran jarak jauh. Penggunaan gadget menjadi salah satu kebutuhan bagi siswa terutama dalam situasi sekarang ini. 

Proses pembelajaran yang dilakukan dari rumah menuntut siswa untuk menggunakan gadget sebagai sarana komunikasi dan informasi dalam mengakses konten/materi pembelajaran. Bagi orang tua jangan heran jika sekarang anaknya lebih banyak menghabiskan waktu dengan gagdet karena setiap materi dan tugas sekolah selalu diberikan melalui gadget. 

Berikut ini manfaat dari penggunaan gadget bagi siswa. 

1. Sebagai sarana belajar dan mengerjakan tugas

Proses pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan memanfaatkan internet sehingga guru dan siswa dapat terhubung dalam proses pembelajaran. Gadget merupakan sarana utama yang digunakan dalam mengakses internet. Penggunaan gadget sangat dibutuhkan untuk menerima materi pembelajaran dan juga dalam mengerjakan dan mengirimkan tugas yang diberikan oleh Guru. 

2. Sarana Komunikasi

Penggunaan gadget serperti handphone dan perangkat komputer untuk sarana komunikasi sangatlah penting. Dengan adanya internet siswa dapat terhubung dengan siswa yang lain untuk saling berkomunikasi secara dua arah ataupun untuk melakukan pengerjaan tugas secara bersama – sama. Komunikasi digital tidak hanya melalui audio dan teks namun juga dapat dilakukan secara visual melalui layanan video call dan video conference.

3. Sarana untuk Mengakses Informasi

Informasi sangatlah penting untuk menentukan sikap terhadap perubahan yang terjadi di dunia. Segala informasi pada saat sekarang ini dapat dengan mudah diakses dan disebarkan melalui gadget. Siswa dapat memperoleh informasi penting terutama dalam masalah pendidikan dengan melihat informasi dari situs pendidikan resmi misalnya situs kemdikbud dan situs resmi sekolah masing – masing. 

4. Sarana Hiburan

Selain sebagai sarana pendidikan, gadget juga dapat menjadi sarana hiburan bagi siswa. Kegiatan sekolah yang serba dilakukan di rumah tentunya akan berdampak pada kejenuhan jika tidak dibarengi dengan refreshing/hiburan. Siswa dapat memilih jenis hiburan yang bermanfaat dengan memainkan game – game ringan terutama yang dapat mengasah kemapuan otak dalam berfirikir.

Penggunaan gadget sebagai media hiburan boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan. Jangan sampai terlalu sering menggunakan gadget untuk permainan karena akan menimbulkan dampak negatif dan dapat mengganggu kegiatan utama untuk belajar.